Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelola Perpustakaan Dengan Baik, Delapan Desa di Mura Raih Penghargaan

  • Oleh Trisno
  • 14 Juni 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pada 2023 sebanyak 8 Desa di Kabupaten Murung Raya mendapatkan piagam penghargaan atas pengelolaan Perpustakaan Desa.

Adapun delapan Desa yaitu Desa Juking Pajang, Desa Danau Usung, Desa Bahitom, Desa Mura Untu, Desa Puruk Kambang, Desa Makunjung, Desa Kolam dan Desa Muara Joloi.

Piagam tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya H. Mohammad Syahrial Pasaribu di dampingi bunda literasi yang baru dikukuhkan yaitu Lynda Kristiane Perdie kepada Kepala Desa atau Pengelola Perpustakaan Desa di gedung Dewan Adat Dayak (DAD).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya H. Mohammad Syahrial Pasaribu mengatakan Desa yang mendapatkan piagam tersebut merupakan Desa binaan yang ditentukan oleh Pusat.

Dimana jumlah kouta Desa Binaan ditentukan oleh pusat sejak tahun 2021 terdapat 3 Desa yaitu Desa Juking Pajang, Desa Danau Usung, dan Desa Puruk Kambang, kemudian pada tahun 2022 ada penambahan kouta sebanyak 5 Desa yaitu Desa Bahitom, Desa Mura Untu, Desa Makunjung, Desa Kolam dan Desa Muara Joloi.

“Terpilihnya Perpustakaan Desa ditentukan penilaiannya dari pusat, dalam hal ini perpustakaan nasional yang menilai berdasarkan kriteria penilaian yaitu memiliki perpustakaan Desa, memiliki pengelola perpustakaan Desa dan mempunyai koleksi bahan pustaka, datanya dikirim oleh Kabupaten,” ujar Syahrial Pasaribu.

Disis lain diketahui piagam tersebut ditandatangani oleh Bupati Murung Raya Perdie M.Yoseph dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Murung Raya H. Mohammad Syahrial Pasaribu. (Trs)

Berita Terbaru