Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Tiga Desa di Barsel Tuntut Ganti Rugi dengan PLN

  • 28 Maret 2016 - 20:33 WIB

PEMERINTAH Kabupa'ten Barito Selatan ter'paksa harus ikut cam'pur tangan dalam mem'fasilitasi masalah ganti ru'gi lahan perkebunan ma'sya'ra'kat dengan PLN terkait pendirian tiang jaringan list'rik bertegangan tinggi, Senin (28/3/2016).

Rapat mediasi ini dihadiri Sek'da Barsel Edi Kristianto dan sejumlah unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) serta puluhan masya'ra'kat pemilik lahan dari tiga desa.

Edi mengatakan tiang salur'an udara tegangan eksatra ting'gi (Sutet) yang masih di'masalahkan oleh sebagian' warga itu adalah warga Dang'ka Kecamatan Dusun Selatan, warga Desa Rampamea, Keca'matan Dusun Utara dan warga Desa Tamparak Layung, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

'Untuk masalah ganti rugi', kita tidak memihak kepada siapa pun, namun dalam hal  penyelesaianya, kita tetap mengacu Peraturan Bupati No'mor 73 Tahun 2014 tetang ganti rugi tanam tumbuh,' ucapnya.

Dijelaskan untuk sementara' ini, tiang sambungan jaring'an dari pembangkit listrik tenaga mikro gas (PLTMG) dari Bangkanai, Kabupaten Barito Utara yang dipastikan akan memenuhi kebutuhan' listrik bagi masyarakat Barsel.

Tapi masih ada kendala de'ngan ganti rugi lahan peke'bunan karet masyarakat di tiga desa.

'Kita berharap dalam hasil mediasi ini bisa cepat membu'ahkan hasil dan pembangun'an tiang jaringan listrik di daerah kita cepat berdiri, untuk memenuhi kebutuhan lis'trik masyarakat Barsel,' ujarnya.

Manajer PLN Rayon Bun'tok', Legiman didampingi per'wakilan dari regional 10 Kalimantan mengatakan da'lam waktu dekat ini dia akan kembali melakukan survey lahan perkebunan masyarakat yang mendapat gan'ti rugi.

'Masalah ini harus cepat kit'a selesaikan, karena batas ko'ntak sewa mesin yang digu'nakan PLN Rayon Buntok ini berakhir pada 31 Maret 2016. Maka dari itu untuk bisa me'nu'tupi kekurangan megawatt pada mesin kita, agar kebutuhan listrik masyarakat Barsel terpenuhi, kita akan dibantu da'ri PLTMG Bangkanai,' tera'ng'nya. (PP/B-6)

Berita Terbaru