Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes dan Disdik Seruyan Tandatangani Perjanjian Kerjasama Deteksi Dini Frambusia di Sekolah Dasar

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 16 Juni 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang deteksi dini frambusia di sekolah dasar di wilayah Kabupaten Seruyan pada 2023.

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrun Abbas, dan Kepala Dinas Pendidikan Rusdi Hidayat, bertempat di Aula Dinkes Seruyan pada Kamis, 15 Juni 2023.

Kerjasama ini bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan Deteksi Dini Frambusia di Sekolah Dasar yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari 12 Puskesmas di Kabupaten Seruyan.

Selain melakukan skrining, kegiatan deteksi Frambusia juga akan disertai dengan penyuluhan dan edukasi kesehatan kepada siswa-siswi terkait pencegahan penyakit Frambusia.

Dalam penjelasannya, Kepala Dinas Kesehatan Seruyan, dr. Bahrun Abbas, mengungkapkan bahwa Frambusia adalah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Treponema Pertenue dan umumnya menyerang anak-anak berusia kurang dari 15 tahun.

Gejala awal Frambusia berupa benjolan di kulit yang tidak menyakitkan dan berbentuk seperti buah arbei dengan permukaan basah tanpa nanah. Gejala ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Seruyan berharap  kerjasama ini akan membantu meningkatkan kesadaran siswa-siswi terkait kesehatan dan pencegahan penyakit Frambusia. Dengan adanya deteksi dini dan edukasi yang dilakukan petugas kesehatan kesekolah-sekolah.

“Langkah   ini kita harapkan  akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan membantu menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di Bumi Gawi Hatantiring, “ tandasnya. (FAHRUL/H)

Berita Terbaru