Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

7 Titik Panas Terpantau di Wilayah Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 19 Juni 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Berdasarkan data dari BPBD Barito Selatan dari Januari hingga 19 Juni 2023, ada 7 titik panas atau hotspot terpantau di wilayah Barito Selatan.

"Sebanyak 7 hotspot tersebut terpantau sejak Januari-Juni 2023 ini," kata Kasi Kedaruratan dan logistik, Suwono, Senin, 19 Juni 2023.

Ia mengatakan, hotspot tersebut terpantau di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Dusun Selatan 4 hotspot, Jenamas 1 hotspot dan di Kecamatan Gunung Bintang Awai terpantau 2 hotspot.  

Sementara itu, ada 11 kejadian Kebakaran Hutan dan lahan atau Karhutla dengan luas lahan yang terbakar 37,4 hektar. Namun, semua itu telah ditangani, sehingga api tidak sempat meluas.

Untuk Kecamatan Dusun Selatan, ada 9 kejadian Karhutla dan Kecamatan Jenamas ada 2 kejadian.

Ia menjelaskan, dalam kejadian tersebut pihaknya cepat melakukan pemadaman berkat informasi dari warga dan Masyarakat Peduli Api atau MPA yang telah dibentuk di setiap Desa.

Juga dibantu beberapa Poslap pengendalian Karhutla. Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan sembarangan.
Ia mengimbau kepada masyarakat agar membantu BPBD supaya berperan aktif dalam melakukan pencegahan terjadinya Karhutla, karena kalau terjadi karhutla akan bisa terjadi kabut asap yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

“Kepada masyarakat juga diharapkan dapat memberikan informasi apabila ada titik api, supaya kita bisa dengan segera datang ke lokasi untuk memadamkannya," ucap dia. (URIUTU DJAPER/Y)

Berita Terbaru