Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Zonasi Wujudkan Pemerataan Kualitas Pendidikan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Juni 2023 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang saat ini diterapkan, dinilai paling ideal dalam pemerataan kualitas pendidikan dan sangat tepat dalam mewujudkan keadilan pendidikan.

“Sekolah memilih peserta didik yang jarak domisilinya dekat dengan sekolah. Dengan begitu tidak ada lagi sekolah favorit atau unggulan, semuanya sama,” beber Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lamandau, Abdul Kohar, Selasa, 20 Juni 2023.

Diakui Kadis, sebelum adanya sistem zonasi, tidak sedikit anak didik yang notabene tinggalnya dekat dengan sekolah, tidak bisa mengecap pendidikan di sekolah tersebut. Hal itu dikarenakan daya tampung sekolah, bahkan persaingan nilai. Ironisnya, tidak sedikit sekolah itu diisi oleh peserta didik yang tinggal jauh dari sekolah.

“Karena itu dengan sistem zonasi ini ada skala prioritas bagi anak didik yang berdomisili di sekitar sekolah lebih diutamakan,” ujarnya.

Secara umum, lanjut dia, dengan sistem zonasi tersebut diharapkan semua jenjang pendidikan, khususnya sekolah negeri di Kabupaten Lamandau, dapat secara merata memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bermutu kepada masyarakat.

Di sisi lain, melalui sistem zonasi pada PPDB ini dapat mengubah paradigma para orangtua dan anak didik, yang selama ini lebih berpola pikir memilih bersekolah pada sekolah unggulan atau sekolah terbaik.

“Jadi para orang tua atau anak didik tidak perlu lagi mencari sekolah yang menjadi pilihan berlokasi jauh dari tempat tinggalnya. Kini saatnya memanfaatkan sekolah dekat dengan tempat tinggal, atau domisili berdasarkan zonasi,” jelasnya.

Disebutkan Kohar, sepanjang pelaksanaan PPDB dengan sistem zonasi tersebut, telah mampu memberi implikasi terhadap kesiapan seluruh sekolah untuk mengejar mutu dan kualitas pendidikan. Termasuk juga peningkatan prasarana pendidikan dan sarana pembelajaran.

“Bahkan kini ada kecenderungan para guru-guru terus meningkatkan SDM dan kualitas dirinya melalui kompetensi dan berbagai program pendidikan,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru