Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kecamatan ini Dominasi Kasus Bunuh Diri di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 20 Juni 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Dukcapil Palangka Raya mencatat ada dua kecamatan yang mendominasi terjadinya kasus bunuh diri. Yakni Kecamatan Kecamatan Pahandut dan Jekan Raya.

“Pada tahun 2023 ini surat kematian kasus bunuh diri didominasi oleh kaum laki-laki yang terjadi di dua Kecamatan yaitu Jekan Raya dan Kecamatan Pahandut,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya Sabirin Muhtar, Selasa, 20 Juni 2023.

Dia menyebutkan, kasus bunuh diri paling banyak dilakukan oleh kaum laki-laki dengan usia kurang lebih di atas 50 tahun. Faktor penyebabnya adalah masalah ekonomi yang mengakibatkan depresi berat.

"Sesuai data administratif untuk pembuatan surat kematian, biasanya itu akibat depresi berat karena faktor ekonomi," sebutnya.

Kemudian, Sabirin juga mengatakan bahwa yang berhak menulis keterangan bunuh diri itu dari hasil pemeriksaan pihak medis atau Rumah Sakit bahkan dari hasil investigasi pihak Kepolisian.

“Disdukcapil biasanya itu kami tulis nama kemudian bintinya siapa, beserta tanggal/lahir, dan biodata lengkap dari almarhum. Kami tidak menulis bunuh diri disurat kematian, karena itu wilayah kewenangan pihak medis ataupun Kepolisian,” pungkasnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru