Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Kepala DPMPTSP Kapuas pada Bimtek dan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Juni 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kapuas, Pangeran S Pandiangan menyampaikan sejumlah harapannya kepada peserta Bimtek sekaligus sosialisasi implementasi perizinan berusaha dan implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko.

Peserta Bimtek sendiri berasal dari para pelaku usaha/ pengusaha dari Perusahaan Besar Swasta (PBS), UMKM dan lainnya, Selasa, 20 Juni 2023.

Pangeran mengatakan harapannya sesuai dengan tujuan kegiatan, yaitu menyampaikan kepada pelaku usaha tentang aturan dan regulasi yang berlaku dalam penerbitan perizinan baik itu berbasis resiko tinggi, rendah dan menengah.

"Sehingga, dengan bimbingan teknis ini peserta yang kita hadirkan untuk dilatih ini akhirnya nanti bisa menjadi duta kita di masyarakat," kata Pangeran kepada wartawan.

Bahwa, lanjut dia proses perizinan itu terus dipermudah, diantaranya ada hal-hal perizinan itu tidak perlu lagi datang ke kantor, cukup diselesaikan pakai smartphone.

"Nah, selama ini kendala kami masih banyak masyarakat malah mengeluh dalam hal pengurusan izin itu karena kadang-kadang istilahnya 'gaptek' tidak tahu teknologi sehingga mereka kadang-kadang bisa marah dengan kita kenapa ini perizinannya semakin ribet, sebetulnya semakin singkat jadi di rumah pun sambil santai-santai membuat NIB cepat dan langsung di print langsung," ucapnya.

Selanjutnya, diharapkannya masyarakat bisa memahami materi disampaikan, karena akan diisi dengan simulasi-simulasi dalam penerbitan perizinan berbasis OSS dan lain-lain.

"Sehingga, masyarakat itu tidak hanya tahu aturan, tapi juga langsung jadi nanti dalam pelaksanaan Bimtek ini ada simulasi, siapa nanti peserta yang ingin dibuatkan NIB dan lain-lain langsung di didik langsung terbit," jelasnya.

Intinya, lanjut dia peserta akan memahami berkaitan dengan materi ini, sehingga mereka juga bisa menjadi duta di masyarakat, sahabat DPMPTSL di lapangan, khususnya di lingkungan masing-masing. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru