Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kota Lanjutkan Proses Rekapitulasi DPT per Kelurahan di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Juni 2023 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - KPU Kota Palangka Raya menghelat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT Tingkat Kota Palangka Raya Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 dengan merekapitulasi DPT per Kelurahan di Kota Cantik.

"Seperti yang kita ketahui, KPU Kota Palangka Raya telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara atau DPS Pemilihan Umum Tahun 2024  pada tanggal 12 Mei 2023 yang lalu," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah saat membuka kegiatan yang digelar di Swiss-Belhotel Danum, Palangka Raya pada Rabu, 21 Juni 2023.

Setelah itu, kata Ngismatul, dilanjutkan dengan Pengumuman, Masukan dan Tanggapan Masyarakat dari tanggal 17 sampai dengan 23 Mei 2023, kemudian PPS melakukan perbaikan dan penyusunan DPSHP akhir hingga Rekapitulasi DPSHP akhir tanggal 1-2 Juni 2023 untuk tingkat PPS, dan tanggal 3-5 Juni untuk tingkat PPK.

"Sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih serta berdasarkan Keputusan KPU Nomor 27 tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Pemilih Dalam Negeri pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum maka KPU Kabupaten/Kota melaksanakan Rekapitulasi dan Penetapan DPT," jelasnya lagi.

Daftar Pemilih Tetap yang selanjutnya disingkat DPT adalah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir yang telah diperbaiki dan direkapitulasi oleh Panitia Pemungutan Suara, dan direkapitulasi juga oleh Panitia Pemilihan Kecamatan, dan ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota dan direkapitulasi di tingkat Provinsi dan Nasional.

"DPT sangat penting bagi usaha membangun Pemilu yang Demokratis. DPT menjadi basis partisipasi politik warga dalam Pemilu, partisipasi politik memiliki peran penting bagi pembangunan politik demokrasi di setiap negara," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru