Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Bukit Sungkai Andalkan Perkebunan dan Pertanian

  • 29 Maret 2016 - 20:23 WIB

SEKTOR pertanian dan per'ke'bun'an menjadi mata pencaha'ri'an uta'ma masyarakat Desa Bu'kit Sungkai, Kecamatan Ba'lai Riam, Kabupaten Suka'mara.

'Untuk saat ini sektor per''kebunan dan pertanian ma'sih merupakan andalan pen'dapatan asli masyarakat dan ini terus dipertahankan ser'ta terus dikembang lagi. Na'mun pemerintah desa tetap akan te'r'us mencari dan mengali po'tensi kekayaan yang ada di de'sa kami,' kata Kepala Desa Bu'kit Sungkai, Maryono kepada Borneonews, Sela'sa (29/3/2016).

Ia mengungkapkan, perke'bun'an kelapa sa''wit yang meng'hampar di wi'layah Bu'kit Sungkai diduku'ngan de'ngan keberadaan perusaha'an telah mendongkrak per''ekono'mian masyarakat de'sa.

'Dengan potensi yang ada te'n'tu perekonomian masya'ra''kat cukup meningkat,' ujar Maryono lagi.

Sayang, sektor pertanian, khususnya padi, ma'sih ke'cil. Kecilnya kawas'an per'ta'nian disebabkan ki'an men'jamurnya lahan per'ke'bun'an. Sehingga untuk pe'ngem'ba'ng'an lahan perta'ni'an tidak da'pat dilakukan dalam sa'tu ham'paran penuh.

Meski begitu, petani padi di Desa Bukit Sungkai tetap bi'sa me''lakukan panen hingga ti''ga kali setahun untuk jenis unggul.

'Bisa tanam padi ti'ga kali dalam setahun untuk pertanian, tentu bukan dikarenakan tanahnya sangat subur, se'bab pada umumnya tanah yang ada di Desa Bukit Sung'kai sama saja dengan desa yang lain. Namun karena adanya ke'inginan dari para pe'tani untuk bercocok tanam. Bahkan walaupun pa''da saat mu'sim kemarau, pe'tani tetap bercocok tanam dengan melakukan ber'ba'gai cara untuk dapat men'galiri lahan mereka dengan air,' tuturnya.

Ia melanjutkan, luas lahan petanian di Desa Bukit Sung'''kai saat ini hanya 50 hek''tare. Dan untuk pengem'ba''ngan disediakan seluas 20 hek'tare. Namun tempatnya ter'pisah atau tidak dalam sa'tu hamparan.

'Meskipun begitu, kita akan terus genjot pertanian di sini, sehingga  perekonomi'an masyarakat semakin baik' janji Maryono. 

(MG13/B-3)

Berita Terbaru