Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dukung Pemko Palangka Raya Lestarikan Ikan Lokal

  • Oleh Hendri
  • 22 Juni 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mendukung pemerintah setempat untuk berperan dalam pelestarian ikan-ikan lokal agar tetap terjaga perkembangbiakannya.

"Kami mendorong pelestarian ikan lokal seperti ikan baung, ikan gabus, toman dan ikan-ikan lainnya sehingga tetap terjaga kelestariannya di alam," katanya, Kamis, 22 Juni 2023.

Menurutnya pelestarian beragam jenis ikan, terutama ikan air tawar yang merupakan ikan endemik perairan Kalimantan Tengah sudah semestinya dilakukan sehingga tidak terancam punah di masa mendatang.

"Banyak yang bisa dilakukan sebagai upaya pelestarian ikan lokal, seperti pelepasan ikan lokal ke alam, atau memberikan bantuan bibit ikan kepada para pembudidaya, sehingga potensi ikan lokal tetap terjaga di alam dan di pasaran," ujarnya.

Sementara kalau tidak ada upaya pelestarian ikan lokal, tentu tidak menutup kemungkinan akan terjadi kepunahan. Akibatnya, generasi penerus nantinya tidak mengetahui jenis ikan lokal yang sempat berkembang bahkan menjadi kegemaran masyarakat.

"Saat ini saja ada beberapa jenis ikan lokal mulai susah kita temui entah itu di alam atau di pasaran, beberapa ikan lokal tersebut, seperti ikan tapah, ikan pipih dan ikan lainnya," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru