Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU: DPT Kotim 303.608 Pemilih Tersebar di 185 Desa/Kelurahan

  • Oleh ANTARA
  • 23 Juni 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) setempat untuk Pemilu Legislatif 2024 sebanyak 303.608 pemilih yang tersebar di 185 desa dan kelurahan.

"Jumlah ini merupakan hasil rekapitulasi dari seluruh kecamatan hingga kita tetapkan menjadi daftar pemilih tetap," kata Ketua KPU Kotawaringin Timur (Kotim), Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Kamis.

Penetapan dilakukan setelah penyampaian rekapitulasi daftar pemilih dari 17 kecamatan. Jumlah pemilih 303.608 orang tersebut terdiri dari 115.382 laki-laki dan 147.776 perempuan.

Para pemilih ini tersebar di 185 desa dan kelurahan dengan jumlah 1.169 tempat pemungutan suara (TPS), termasuk 11 di antaranya merupakan TPS khusus yang berada di tiga perusahaan perkebunan dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sampit.

Siti Fathonah mengakui sempat ditemukan pemilih ganda, baik yang terdaftar di dua daerah di Provinsi Kalimantan Tengah sendiri maupun juga terdaftar di luar Kalimantan Tengah.

Sebagian daftar pemilih ganda adalah pekerja perkebunan kelapa sawit yang terdaftar di daerah ini, namun belum mutasi dari daerah asal, dan ada pula sebaliknya lantaran banyak dari mereka berpindah-pindah.

"Daftar pemilih ganda tersebut telah dibersihkan dengan sinkronisasi," jelasnya.

Beberapa waktu lalu sinkronisasi tersebut juga difasilitasi oleh KPU pusat bersama instansi terkait saat kegiatan di Bali sehingga semua bisa cepat diselesaikan.

DPT yang telah ditetapkan ini nantinya akan digunakan dalam Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024. KPU berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik saat pemilu nanti.

"Untuk DPT pemilihan kepala daerah, nanti akan dilakukan tahap lanjutan melalui pemutakhiran DPT yang ada. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga tahapan ini terlaksana dengan baik," demikian Siti Fathonah.

ANTARA

Berita Terbaru