Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panen Raya Jagung di Sela Pohon Sawit Lahan Replanting

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Juni 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Subur, Desa Pangkalan Tiga, Kecamatan Pangkalan Lada, berhasil memanfaatkan lahan replanting kebun sawit, dengan ditanami jagung dan bisa panen raya.

Pemanfaatan lahan di sela pohon sawit yang ditanam pasca replanting ini jarang dilakukan. Biasanya, area replanting dibiarkan begitu saja atau tidak dimanfaatkan, dan banyak yang akhirnya ditumbuhi rumput.

Sehingga, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mengapresiasi koperasi unit desa (KUD) Tani Subur yang dipimpin oleh Sutiyana tersebut.

Pemerintah daerah menilai, apa yang dilakukan KUD Tani Subur ini merupakan inovasi baru, yang dapat memanfaatkan lahan area replanting dan menghasilkan.

Karena selama proses replanting kebun sawit, biasanya harus menunggu 2 tahun lebih baru bisa bisa dipanen buah sawitnya.

Kepala Dinas Pertanian Kobar Kris Budi Hastuti mengatakan, bahwa KUD Tani Subur yang mengembangkan jagung di lahan replanting sangat sukses. Hal ini terbukti dengan panen raya jagung di area replanting, pada Rabu, 21 Juni 2023 yang lalu.

"Hasilnya sangat luar biasa. Diluar perkiraan kami bahwa area replanting bakal tandus dan tidak bisa ditanami. Namun KUD Tani Subur mampu mengelolanya dengam baik dan jagungnya bagus sekali," kata Kris Budi Hastuti.

Ini salah satu upaya untuk mengoptimalkan area replanting sawit. Bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin, karena semua itu butuh inovasi yang kuat.

"Selain itu, area replanting sawit ini juga untuk ternak unggas. Ini sangat kolaboratif dan bisa menjadi percontohan di Kobar maupun di Kalimantan Tengah," jelasnya.

Apa yang dilakukan oleh KUD Tani Subur Desa Pangkalan Tiga ini, untuk mewujudkan ekonomi sirkular masyarakat Kotawaringin Barat. Sehingga bagi yang hendak belajar juga bakal difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kobar.

"Data kami di Kobar banyak kebun yang melakukan replanting. Alangkah baiknya jika area replanting dimanfaatkan seperri KUD Tani Subur. Mereka tidak pelit ilmu dan yang hendak belajar akan kita fadilitasi. Sehingga keberhasilan ini bisa dinikmati banyak kelompok masyarakat," pungkasnya. (DANANG/H)

Berita Terbaru