Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Apresiasi Perusahaan Salurkan CSR Tangani Longsor Jalan Bukit Manimang

  • Oleh Trisno
  • 26 Juni 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penanganan jalan kabupaten yang mengalami longsor di Bukit Manimang Desa Datah Kotou Kecamatan Tanah Siang Selatan Kabupaten Murung Raya pada 2 Mei 2023 menggunakan dana dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari PT Indo Muro Kencana (IMK).

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph mengaku pemerintah daerah merasa sangat terbantu dengan apa yang dilakukan oleh PT IMK, mengingat jalan tersebut merupakan akses satu-satunya dari dan menuju ibu kota kabupaten menuju Kecamatan Tanah Siang Selatan maupun Kecamatan Sungai Babuat.

“Mengingat jalan itu adalah jalan utama dan satu-satunya akses penghubung antara ibu kota kabupaten ke dua kecamatan dan jalan tersebut dianggap sangat vital mengingat digunakan untuk kepentingan masyarakat sebagai distribusi sebagai jenis barang, seperti sembako,” kata Perdie.

Menurut Perdie lagi setelah terjadinya longsor, pada tanggal 3 Mei 2023 lalu dirinya langsung melakukan survey bersama tim secara terpadu dan berdasarkan hasil kajian longor tersebut harus segera dilakukan penanganan.

Dari hasil kajian itu, dikatakan Perdie juga penanganan jalan itu oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dirasa tidak memungkinkan dikarenakan dana yang tersedia relatif terabatas sehingga bila dipaksakan tidak akan maksimal pengerjaan jalan tersebut.

“Setelah kami diskusikan dan koordinasikan dengan pihak IMK, mereka langsung cepat merespon dan membantu sehingga tanah yang longsor itu sekarang sudah dapat diatasi dan diamankan. Kontruksinya menggunakan sistem kontruksi bronjong yang berguna untuk mencegah erosi pada tanah lereng,” tambah Perdie.

Ditambahkan Perdie, juga apa yang sudah dilakukan pihak perusahaan itu dirinya sebagai pimpinan daerah merasa lega dan mengapresiasi karena program CSR yang diberikan PT IMK tidak hanya bisa dirasakan oleh desa-desa binaan, tetapi akses jalan vital menuju Kota Puruk Cahu pun diperhatikan.

Apa yang dilakukan oleh PT IMK itu, menurut Perdie juga bisa menjadi pilot project atau percontohan oleh perusahaan-perusahaan lainnya di Murung Raya yang sedang berinvestasi sehingga keberadaan mereka bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Tidak hanya itu, Perdie juga mengaku sangat mendukung kegiatan investasi oleh semua investor di Kabupaten Murung Raya dan mengaku pemerintah daerah akan terus berusaha menciptakan suasana yang kondusif demi kesahjeteraan para karyawan beserta semua masyarakat disekitar tempat para investor itu bekerja.

PT IMK dalam hal ini diwakilkan oleh Manajer CSR, Budhi Bakti, mengatakan, pihak perusahaan melakukan pekerjaan penanganan ini selama total 40 hari kerja dan dimulai pada Jumat (12/05).

“Longsoran tersebut terjadi dikarenakan karena curah hujan yang tinggi dan menggerus tebing sisi bawah badan jalan. Penanganan longsor yang kami lakukan ialah perkuatan dinding lereng dengan batu bronjong. Metode ini kami pilih karena sesuai dengan kondisi longsoran. Bronjong dapat menahan gerakan tanah, baik vertikal maupun horizontal. Sifat bronjong dapat meloloskan air sehingga air dapat terus lewat sementara pergerakan tanah dapat ditahan oleh bronjong,” ujar Budhi Bakti.

Berita Terbaru