Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Digitalisasi Berbagai Sektor, Target Pemkab Kobar Guna Mengoptimalkan Pendapatan Daarah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Juni 2023 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Digitalisasi berbagai sektor khususnya dalam hal proses transaksi keuangan yang berhubungan dengan pendapatan daerah, kedepan akan dioptimalisasikan lagi oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kepala Bapenda Kobar, Muhammad Nursyah Ikhsan, usai kegiatan High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Kobar 2023 di Aula Kantor Bupati Kobar, Senin, 26 Juni 2023 menjelaskan rapat koordinasi ini dilakukan untuk melakukan evaluasi dan monitoring progres sudah sejauh mana pelaksanaan digitalisasi di Kabupaten Kobar.

"Dalam kegiatan ini kami juga menerima berbagai masukan, arahan serta pertanyaan dari semua SOPD terkait dan stakeholder pendukung untuk menemukan hambatan yang ditemui dalam proses digitalisasi tersebut," jelas Muhammad Nursyah Ikhsan.

Sehingga, menurut Muhammad Nursyah Ikhsan, digitalisasi pada semua pelayanan terhadap masyarakat itu bisa lebih efektif lebih efisien lebih transparansi dan lebih akuntabel.

"Sebagai contoh dalam hal digitalisasi pajak rumah makan dan hotel. Kedepan nantinya dalam proses pembayaran akan ditempatkan alat khusus yang bisa secara langsung mencatat dan memungut pajak dalam transaksi pembayaran. Tetapi kita juga perlu melakukan kajian lagi agar hak tersebut tidak menyebabkan kerugian pada masyarakat, misalnya malah ada biaya tambahan administrasi dalam pelaksanannya yang tentunya membebani masyarakat," jelas Muhammad Nursyah Iksan.

Muhammad Nursyah Iksan juga menyampaikan dengan adanya digitalisasi tersebut, kedepan akan lebih memudahkan lagi masyarakat untuk melakukan pembayaran berbagai pajak diantaranya adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Sehingga masyarakat bisa membayar, mengecek kapan jatuh tempo dan lainnya dengan mudah melalui aplikasi berbasis android. Pastinya untuk mewujudkan digitalisasi dalam berbagai bidang ini diperlukan dukungan dari stakeholder seperti perbankan guna menyediakan kanal pembayarannya," jelas Muhammad Nursyah Ikhsan. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru