Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Kapuas Periksa Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juni 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian (Distan) Kapuas melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan pemeriksaan kesehatan calon hewan kurban di daerah setempat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Petugas melakukan pemeriksaan menyasar beberapa kecamatan sentra ternak, diantaranya Basarang, Mantangai, Tamban Catur, dan Bataguh.

Kepala Distan Kapuas, Yaya melalui Medik Veteriner Muda, drh Anik Ariswandani mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui status kesehatan ternak yang akan dijual oleh masyarakat.

"Memastikan hewan ternak secara klinis terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit hewan menular," kata Anik kepada wartawan, Senin, 26 Juni 2023.

Selain itu, lanjut dia pemeriksaan penting dilakukan untuk melihat umur ternak apakah masuk ke dalam standar ternak kurban atau tidak. 

"Ternak yang sudah diperiksa dan menunjukkan status sehat kemudian kami berikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan(SKKH)," ucapnya.

Dia juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memilih ternak kurban yang sehat dan sudah diperiksa oleh petugas, agar aman dikonsumsi (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru