Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutin Konsumsi Makanan Sehat untuk Mencegah Stunting

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Juni 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati meminta masyarakat utamanya para ibu baik yang sedang hamil maupun menyusui supaya dapat rutin mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Selain itu, anak-anak yang berusia balita juga agar diperhatikan pola makanan yang diberikan, pastikan gizinya terpenuhi. Sebab, apabila gizi anak tidak dipantau dengan baik dan tak terpenuhi maka bisa mengakibatkan tumbuh kembang anak itu terhambat.

"Terhambatnya tumbuh kembang anak ini yang disebut stunting. Nah, makanan yang dikonsumsi atau diberikan itu harus dipastikan memenuhi gizi seimbang, agar anak mulai dari hamil hingga melahirkan bisa tumbuh dengan sehat," ujarnya, Selasa, 27 Juni 2023.

Dia mengatakan, dalam memperhatikan hal ini juga perlu peran serta pemerintah. Pasalnya, bagi keluarga kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang pastinya akan sulit, dan ini tentu dapat mengakibatkan kasus stunting sulit untuk ditekan.

Maka dari itu, dirinya menyarankan agar pemerintah baik pusat maupun daerah agar mencangkan program pemberian bantuan secara rutin kepada masyarakat kurang mampu terutama bagi ibu hamil hingga yang memiliki anak balita.

Ia menjelaskan, program ini bertujuan supaya kebutuhan gizi pada anak bisa terpenuhi, dan kasus stunting pun bisa diminimalisir. Bantuan bisa diberikan dalam bentuk sembako yang didalamnya terdapat kebutuhan pemenuhan gizi anak misalnya susu bagi ibu hamil dan lain-lain.

"Dalam upaya menekan kasus stunting ini harus ada gerakan nyata yang sifatnya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Program itu juga dijalankan tidak seterusnya, bisa dibatasi sampai anak benar-benar tumbuh dengan sehat atau tidak ada tanda-tanda mengalami stunting," pungkasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru