Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Helikopter Water Bombing Bantu Padamkan Karhutla di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Juni 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) masih terjadi. Seperti pada tanggal 26 - 27 kemarin di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Dusun Karang Anyar, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan.

Lokasi kebakaran susah diakses, sehingga penangan Karhutla mendapat bantuan dari Helikopter Water Bombing.

Saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Syahruni menyampaikan, bahwa lokasi kebakaran berada di rawa dalam, sehingga mobil tidak masuk ke lokasi.

"Kebakaran dari Sore, dan paginya baru bisa ditangani petugas. Karena memang lokasi tidak bisa dengan mobil tangki, sehingga menggunakan mesin portable," ujar Syahruni saat dikonfirmasi pada Kamis, 28 Juni 2023.

Beruntung, saat proses penanganan Karhutla di wilayah tersebut. Pihaknya mendapatkan bantuan penangan dari Helikopter Water Bombing.


"Kami bersyukur juga kita dibantu dengan Helikopter Water Bombing dari BNPB yang disiagakan di Palangka Raya," ungkapnya.

Syahruni mengungkapkan, Helikopter Water Bombing yang membantu pemadaman lahan di Kobar bukanlah permintaan dari pihaknya. Jadi, mereka tidak tau jika ada Helikopter Water Bombing.

"Karena mungkin melihat ada titik Hotspot di wilayah kita, sehingga Helikopter Water Bombing ini turut serta melakukan pemadaman," ungkapnya.

untuk kebakaran yang terjadi di wilayah Dusun Karang Anyar kemarin, telah menghanguskan puluhan lahan.

"Untuk luasan lahan terbakar diperkirakan kurang lebih 28 hektar," tuturnya.

Adapun tim terpadu yang terlibat dalam pemadaman Karhutla, meliputi BPBD, Manggala Agni, Balakar Huma Singgah Itah Mendawai, Balakar Manggala Yudha KBB, relawan dari sejumlah organisasi kemanusiaan, serta TNI dan Polri.

Hingga beriga ini diterbitkan, kebakaran kembali terjadi di areal kebun sawit milik masyarakat, di Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arut Selatan dan masih dalam proses penangan petugas (DANANG/Y)

Berita Terbaru