Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diera Teknologi Keberadaan Jaringan Internet Dinilai Penting

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Juli 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Zaman terus mengalami perkembangan setiap tahunnya, dan saat ini salah satunya merupakan era teknologi informasi digitalisasi. Ada sektor penting untuk mendukung teknologi informasi digitalisasi ini yaitu internet.

Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, HM Sriosako menilai diera teknologi informasi digitalisasi seperti sekarang ini keberadaan jaringan internet sangat penting bagi masyarakat secara umum di Indonesia khususnya Kalteng baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

"Namun sebaran jaringan internet ini belum merata. Utamanya di Kalteng saja, banyak daerah yang masih tidak terjangkau jaringan internet atau blank spot. Padahal keberadaannya menjadi kubutuhan di era saat ini," ucapnya, Senin, 3 Juli 2023.

Ia mengatakan, hampir seluruh pekerjaan administrasi swasta maupun pemerintahan serta berbagai informasi berbasis pendidikan dapat diakses melalui internet. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membangun jaringan internet hingga ke wilayah pelosok desa.

"Teknologi informasi digitalisasi ini terus berkembang pesat, tentu untuk mendukung perkembangan itu dibutuhkan jaringan internet. Banyak kemudahan yang didapatkan melalui internet ini, berbagai urusan juga telah melalui internet baik administrasi hingga informasi," ujarnya.

Maka dari itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan internet ini diperlukan solusi agar masyarakat hingga sektor pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain khususnya di wilayah pedesaan bisa mengakses internet dengan mudah.

"Solusi yang bisa dilakukan yakni membangun jaringan internet berbasis satelit terkhusus bagi desa blank spot. Untuk membangunnya bisa memanfaatkan anggaran dana desa atau ADD, sembari menunggu jaringan itu menjangkau wilayah pedesaan," tuturnya.

Ia mengungkapkan, pembangunan jaringan internet berbasis satelit ini sudah ada dilakukan oleh sejumlah desa. Sehingga diharapkan desa-desa di Kalteng bisa mencontohkan hal itu terutama bagi desa yang sudah mengajukan pembangunan jaringan internet tapi belum direalisasi pemerintah.

"Memang biaya untuk pembangunannya itu tergolong mahal, tapi yang terpenting yakni dampak positif dari keberadaan internet ini khususnya untuk membuka keterisolasian terhadap informasi serta berbagai urusan yang sudah menggunakan tekinologi digitalisasi," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru