Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kalteng Ajak Masyarakat Bantu Awasi Pemilu

  • Oleh Apriando
  • 03 Juli 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi meminta masyarakat untuk bersama-sama membantu melakukan pengawasan pelaksanaan pemilu di provinsi setempat. 

Masyarakat diminta proaktif melapor jika menemukan pelanggaran. Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi pelaksanaan pemilu dan melaporkan pelanggaran yang terjadi. 

Dengan melaporkan pelanggaran, masyarakat membantu Bawaslu dan lembaga terkait untuk mengidentifikasi dan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. Hal ini dapat memastikan bahwa pemilu berjalan adil dan jujur.

"Kami sangat mengharapkan pengawasan partisipasitif dari masyarakat. Jadi masyarakat bisa saling mengawasi, jika memang ada menemukan segera menginformasikan atau melaporkan ke Bawaslu," katanya, Senin, 3 Juli 2023

Menurut Satriadi, masyarakat di Kalimantan Tengah sudah sangat cerdas dalam menyikapi pelanggaran pemilu terkhusus politik uang. Sosialisasi dan edukasi sebagai langkah mitigasi pelanggaran pemilu juga terus digencarkan. 

"Bawaslu tentunya akan melakukan penertiban jika memang terbukti. Kita akan bertindak tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi oknum yang melanggar aturan pelaksanaan pemilu," jelasnya. 

Terkait dengan penerapan sistem pemilu proporsional terbuka, lanjut Satriadi, tidak mempengaruhi mekanisme pengawasan dari Bawaslu. Mekanisme pengawasan yang digunakan masih tetap sama sesuai aturan yang berlaku. (APRIANDO/Y)

Berita Terbaru