Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikbud Kobar Instruksikan Pengadaan Seragam Sekolah Harus Ada Kesepakatan Orang Tua

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Juli 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kotawaringin Barat (Kobar) telah mengintruksikan kepada pihak sekolah untuk pengadaan seragam yang diakomodir sekolah, harus ada kesepakatan dengan orang tua atau wali murid.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kadisdikbud Kobar Jamri. Pasalnya, ia tidak ingin ada keluhan atau permasalahan dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB), termasuk terkait pengadaan seragam sekolah

"Terkait pengadaan seragam sekolah ini sudah kami sampaikan ke kepala sekolah, itu harus dirapatkan dengan wali murid terlebih dahulu. Sehingga akan ada kesepakatan antara orang tua siswa dengan pihak sekolah. Maka nantinya tidak ada lagi keluhan - keluhan terkait penebusan seragam saat PPDB tahun ini," ujarnya, Senin, 3 Juli 2023.

Untuk itu, pada saat pendaftaran dan juga daftar ulang, diintruksikan tidak ada penebusan biaya pengadaan seragam.

Jadi, setelah murid diterima di sekolah tersebut, dibuatlah forum komunikasi orang tua dan guru (FKOG). Kemudian merapatkan, hal - hal apa yang menjadi kebijakan sekolah, termasuk pengadaan seragam.

"Seperti seragam olahraga ini kan tidak mungkin orang tua beli di luar. Sehingga itu diakomodir sekolah dan harus dirapatkan," ungkapnya.

Kemudian, pihaknya juga sudah mengimbau kepada kepala sekolah untuk dapat memberikan kelengkapan kepada wali murid.

"Misalnya seragam wajib seperti merah putih dan biru putih itu pengadaan dari sekolah, pembayarannya tidak harus sekali bayar, bisa dicicil dan ini sesuai kesepakatan tentunya. Lalu, juga jangan dipaksakan membeli di sekolah. Jika tak mampu, boleh beli di luar sekolah," imbuhnya.

Jamri menegaskan, jika ada sekolah yang saat pendaftaran sudah meminta tebusan seragam sekolah. Maka pihaknya akan memanggil kepada sekolah tersebut. (DANANG/Y)

Berita Terbaru