Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Selatan Sebut LPPD Wajib Disampaikan Kepala Daerah

  • Oleh Uriutu
  • 03 Juli 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pj Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan menyebutkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atau LPPD wajib disampaikan oleh kepala daerah.

“Seringkali LPPD ini hanya dianggap laporan rutin, padahal ini merupakan laporan wajib yang disampaikan oleh kepala daerah kepada Kemendagri,” kata Deddy Winarwan saat membuka asistensi evaluasi LPPD, di aula Setda Barsel, Senin, 3 Juli 2023.

Ia mengatakan berdasarkan hasil evaluasi tahun 2022 dari Kemendagri, Kemenpan RB, Bappenas, BPKP, Kementerian Keuangan dan BPS status kinerja atau LPPD Barsel sangat rendah.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan ketidaktaatan menyampaikan data. Contohnya diminta data persentase namun disampaikan data jumlah, sehingga mau tidak mau nilainya menjadi rendah.

Serta juga kesalahpahaman memahami regulasi, sebenarnya kinerja di Barsel baik. Tetapi karena ketidakpahaman menghimpun dan menyusun data sehingga data dimaksud tidak benar.

Ia menyampaikan padahal beberapa waktu yang lalu Barsel tiga tahun berturut-turut LPPD nya terbaik sehingga mendapatkan reward Satya Lencana Praja Nugraha untuk  kepala daerah dan para samyang purna karya nugraha untuk Pemerintah daerah.

Namun, juga ada punishment apabila kinerjanya rendah. Seperti Barsel tahun pertama berstatus rendah maka dilakukan pembinaan teknis khusus oleh pemerintah pusat.

Tahun kedua dan ketiga statusnya masih rendah, maka penyelenggaraan masing-masing urusan akan diambil alih oleh Kemendagri bersama kementerian teknis tetapi tetap menggunakan dana APBD serta OPD nya diberikan sanksi dan hukuman disiplin.

“Saya menghimbau kepada OPD mari kita perbaiki semuanya. Dan jangan dianggap LPPD hanya laporan rutin, namun ini merupakan tanggungjawab semua,” ucap dia.

Menurutnya pada beberapa tahun silam Pemkab Barsel pernah 3 kali berturut-turut menjadi terbaik di tingkat nasional yakni peringkat 1-10 dan mendapatkan satya lencana dan para samyang.

Berita Terbaru