Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya PT SSMS Tbk Memperkuat Ketertelusuran Rantai Pasok Melalui Integrasi Sertifikasi RSPO & ISPO

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Juli 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mendukung traceability atau ketertelusuran minyak kelapa sawit Indonesia, PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS), Tbk - Citra Borneo Indah (CBI) Group telah implementasikan integrasi sertifikasi Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)  di seluruh unit bisnisnya. 

Terdapat 3 dari 7 unit bisnis PT. SSMS,Tbk telah menyelesaikan audit eksternal berbasis integrasi RSPO dan ISPO di semester I 2023 oleh badan sertifikasi independen yaitu PT Sawit Multi Utama (SMU), PT Tanjung Sawit Abadi (TSA) dan PT Mirza Pratama Putra (MPP).

Group Head Sustainability, PT. SSMS, Tbk, Henky Satrio Wibowo, Kamis, 6 Juli 2023 menjelaskan, implementasi dari 2 skema sertifikasi ini tidak hanya sebagai pemenuhan regulasi saja.

"Namun sebagai wujud tekad dan kesungguhan PT. SSMS, Tbk dalam mewujudkan tata kelola yang baik termasuk dengan tidak ada deforestasi, tidak ada penanaman baru di lahan gambut dan tidak ada pembakaran," jelas Henky Satrio Wibowo.

Henky Satrio Wibowo mengatakan PT. SSMS, Tbk melalui komitmen dan inisiatif keberlanjutan tersebut memastikan kebijakan keberlanjutan secara konsisten dapat dijalankan baik secara internal maupun memastikan kebijakan tersebut dijalankan oleh supplier TBS untuk SSMS. 

“Adanya integrasi kedua skema ini akan memperkuat ketertelusuran rantai pasokan dan memastikan keberlanjutan produk minyak kelapa sawit. Untuk itu PT. SSMS, Tbk melakukan pendampingan dan supervisi kepada seluruh pemasok tandan buah segar (TBS) sebagai bagian dari rantai pasokan dan ketertelusuran TBS," jelas Henky Satrio Wibowo.

Selain itu, lanjut Henky Satrio Wibowo, PT. SSMS, Tbk  juga akan mengambil peran dalam mempercepat implementasi sertifikasi ISPO di Indonesia.

"Tujuannya  agar sejalan dengan tuntutan tujuan pembangunan berkelanjutan global. Langkah ini sebagai wujud penguatan komitmen PT. SSMS, Tbk guna menerapkan tata kelola sawit yang bertanggungjawab dan ramah lingkungan serta meningkatkan daya saing sawit Indonesia baik di pasar domestik maupun pasar internasional," jelas Henky Satrio Wibowo.

Henky Satrio Wibowo mengatakan pihaknya optimis bahwa kelangsungan usaha kelapa sawit dalam jangka panjang akan terjamin.

"Sehingga kami terus berupaya dan menjadikan PT. SSMS, Tbk sebagai perusahaan green industry dengan proses bisnis yang berkelanjutan yang tetap memperhatikan aspek lingkungan dan sosial, bukan semata aspek ekonomi saja," jelas Henky Satrio Wibowo. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru