Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Pemkab Gunung Mas dalam Mengatasi Kendala Pengembangan Program Smart Agro

  • Oleh Riska Yulyana
  • 06 Juli 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pj Sekda Gunung Mas Richard menjelaskan upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan peogram smart agro dan mengatasi kendala dalam pengembangannya.

"Upaya yang kami lakukan di antaranya yakni memberikan dukungan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani untuk mengolah tanah tanpa bakar," ujar Richard, Kamis, 6 Juli 2023.

Kemudian, secara aktif bersama dengan Forum Korodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam mensosialisasikan tentang pembukaan dan pengelolaan lahan non gambut bagi masyarakat hukum adat.

Kemudian pihaknya juga sedang mengembangkan pertanian terpadu di lahan demplot pertanian seluas 25 hektare untuk melakukan uji coba beberapa variatif padi MSP yang bersifat komposit yang mampu dipergunakan sampai 10 kali pemakaian.

"Selain itu, kami juga mendorong kelompok petani milenial untuk mau berbudi daya perikanan," tukasnya.

Dalam rapat paripurna yang dilaksanakan pada Kamis, 6 Juli 2023, Richard menjelaskan sejumlah kendala yang dialami oleh pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam pengembangan program smart agro.

Kendala yang dimaksud yakni masyarakat belum terbiasa pertanian lahan tanpa bakar, kemandirian petani dalam penyediaan bibit dan pupuk dan minimnya minat petani milenial. (RISKA YULYANA/J)

Berita Terbaru