Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eknamensi Tawun: Operator Desa Miliki Peran Penting Menentukan Warga Miskin Penerima Bansos

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 06 Juli 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Sosial Pulang Pisau, Eknamensi Tawun mengatakan bahwa operator desa memiliki peran yang sangat penting didalam memilih serta menentukan warga miskin yang layak dalam menerima Bantuan Sosial (Bansos) agar tepat sasaran.

"Dalam setiap triwulan, kami rutin melaksanakan penyalurkan bantuan dari Kemensos RI salah satunya ialah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," ucapnya, Kamis, 6 Juli 2023.

Ia menjelaskan, bantuan BPNT tersebut, merupakan bantuan yang langsung diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) melalui mekanisme akun elektronik untuk membeli bahan pangan.

"KPM juga memiliki pengawasan sebagai bentuk keperdulian dalam membangun Desa,"jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini, pihaknya juga telah bekerjsama dengan Pemerintah Desa untuk menyediakan satu operator untuk menjalankan SIKS-NG dalam upaya meningkatkan pelayanan untuk melaksanakan validasi data warga miskin.

"Untuk warga miskin yang belum terdata, yang bersangkutan bisa mendatangi langsung operator Desa di wilayahnya masing-masing untuk dilakukan pendataan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," tutupnya. (M PRADILA KANDI/Y)

Berita Terbaru