Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPOM Palangkaraya Gelar Bimtek Kader Keamanan PJAS di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 06 Juli 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kader keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dilaksanakan di aula Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muara Teweh, Kamis, 6 Juli 2023.

Diketahui, tugas pokok BPOM yaitu melaksanakan kebijakan teknis operasional di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketua tim kinerja, Wiwik Wiranti menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan kader keamanan pangan sekolah berkomitmen dapat mengawasi dan menjamin keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS).

Bukan hanya dalam rangka pemenuhan sertifikasi PJAS aman saja, namun terus diterapkan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Karena sekolah juga merupakan salah satu sarana bagi anak-anak untuk dapat mengkonsumsi makanan selain di rumah. Apabila dilakukan intervensi diharapkan pangan yang dikonsumsi anak sekolah aman dan terjaga kebersihannya,” ujar Wiwik.

Menurut Wiwik, penting adanya kemandirian sekolah dalam penerapan prinsip keamanan pangan yang berdampak tidak hanya untuk lingkungan sekolah tetapi juga di luar sekolah.

Salah satu elemen penting dalam kemandirian sekolah adalah komunitas sekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, orangtua siswa, pedagang PJAS yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program keamanan pangan di sekolah, termasuk mensosialisasikan secara aktif pesan keamanan pangan.

"Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah, dalam mewujudkan kemandirian sekolah untuk melindungi diri dari peredaran PJAS yang tidak aman dan bermutu, maka perlu dilakukan bimbingan teknis keamanan pangan untuk kader,” tukasnya.

Adapun peserta yang mengikuti bimtek kader keamanan pangan anak sekolah berjumlah 20 orang yang terdiri dari perwakilan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) yang berada di Kabupaten Barito Utara. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru