Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Lanjutkan Program Pamsimas Secara Mandiri

  • Oleh Uriutu
  • 07 Juli 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan melalui DPUPR tahun ini tetap melaksanakan kegiatan keberlanjutan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas secara mandiri.

"Pada 2023 ini, kita tidak mendapatkan Pamsimas dari pusat. Meski demikian kita tetap melanjutkan secara mandiri menggunakan APBD,” kata Kabid Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perumahan, Kusnardi, Jumat, 7 Juli 2023.

Ia menjelaskan, adapun desa tempat dilaksanakannya kegiatan keberlanjutan program Pamsimas pada 2023 ini yakni Desa Bipak Kali.

Serta, Janggi, Tabatan, Sungai Jaya, Sungai Telang, Tamparak, Telang Andrau, Teluk Betung, Dusun Malungai Raya dan Desa Palurejo.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk keberlanjutan dari Pamsimas, sebab melalui Pamsimas tidak bisa menangani 100 persen pada satu desa, sehingga perlu dukungan anggaran dari APBD Barito Selatan.

"Untuk kegiatan Pamsimas yang menggunakan DAK bidang air minum dan sanitasi dari pusat itu hanya mampu membuat instalasi pengolahan air secara sederhana, dan untuk sambungan rumah (SR) hanya untuk lima rumah saja," beber dia.

Oleh karena itu, keberlanjutannya digunakan APBD pada 2023 ini dengan kegiatan pemasangan jaringan perpipaan dan sambungan rumah untuk penyaluran air bersih.

"Kita berharap pada desa tempat dilaksanakannya kegiatan keberlanjutan Pamsimas ini bisa 100 persen mencakup jaringan dan SR nya ke rumah penduduk," ucap dia.

Ia menyampaikan sambungan air bersih menuju ke rumah ini karena pola masyarakat sudah berubah dan mereka tidak menginginkan lagi air bersih ditempatkan pada suatu tempat untuk pengambilannya.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan keberlanjutan itu, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mendapatkan sambungan air bersih untuk membayar iuran.

Berita Terbaru