Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Demo di PT BJAP, Apindo Berharap Keamanan dan Kenyamanan Berusaha Tetap Terjaga

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 07 Juli 2023 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menanggapi konflik yang terjadi antara sekelompok warga dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Bangun Jaya Alam Permai  atau PT BJAP 3 Kabupaten Seruyan yang berujung pada perusakan.

Ketua Apindo Kabupaten Kotawaringin Timur, Siswanto menyesalkan kejadian tersebut. Pria yang juga menjabat Ketua Gabungan Perusahaan Perkebunan (GPPI) Kabupaten Kotawaringin Timur dan Lintas Kabupaten Katingan dan Seruyan ini berharap ini menjadi perhatian pemerintah daerah bersama Kepolisian di Kalimantan Tengah karena menyangkut keamanan dan kenyamanan berusaha.

"Keamanan menjadi faktor penting dalam iklim investasi. Jika sudah tidak aman, maka kegiatan usaha akan terganggu dan itu akan menimbulkan dampak yang luas karena ini menyangkut ribuan tenaga kerja, serta dampak ikutan lainnya. Makanya kami sangat berharap keamanan dan kenyamanan berusaha ini selalu terjaga," kata Siswanto di Sampit, Jumat, 7 Juli 2023.

Dia mengaku sangat menyesalkan kejadian yang melibatkan oknum masyarakat tersebut. Menurutnya, seharusnya permasalahan ini bisa dibicarakan dengan duduk bersama.

Kejadian ini dikhawatirkan menimbulkan ketidaknyamanan berusaha yang turut dirasakan anggota organisasi mereka yang berjumlah 78 perusahaan perkebunan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit, karet, rotan dan komoditas lain pekebun. 

Apindo dan GPPI sangat berharap kepada pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten serta aparat keamanan, khususnya Polda Kalimantan Tengah dan Polres untuk bisa memberikan jaminan keamanan supaya iklim investasi selalu terjaga dengan baik sehingga semua pihak merasa nyaman dalam berusaha. 

Terkait tuntutan plasma 20 persen maupun lainnya, Siswanto menilai hal itu bisa dibahas bersama dengan kepala dingin. Pemerintah telah membuat aturan secara jelas terkait masalah itu sehingga perusahaan pun tentu akan patuh, namun semua melalui prosedur dan tidak boleh dengan tindakan anarkis. 

Masyarakat luas diimbau bisa mendudukkan permasalahan ini pada koridor yang sebenarnya sesuai ketentuan. Tidak boleh asal bertindak karena justru hanya akan menimbulkan dampak buruk. 

Menurut Siswanto, semua bisa diselesaikan sesuai prosedur. Tindakan anarkis seperti perusakan dan penjarahan bukanlah solusi masalah ini karena justru akan berujung pada ranah pidana. Hal ini tentu tidak diinginkan semua pihak, baik masyarakat maupun dunia usaha. 

"Ini berpengaruh pada keamanan, ketenangan berusaha dan kenyamanan. Kita adalah saudara semua karena masyarakat yang bergerak di bidang perkebunan sawit maupun perusahaan lainnya adalah masyarakat kita semua. Kita adalah satu," ujar Siswanto. 

Berita Terbaru