Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Perlindungan terhadap Korban Perdagangan Orang

  • Oleh Apriando
  • 10 Juli 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Badan Eksekutif Komunitas Solidaritas Perempuan Mamut Menteng Kalimantan Tengah Irene Lambung mengungkapkan, langkah yang perlu diambil agar tidak menjadi korban tindak pidana perdagangan orang. 

Salah satu hal yang penting adalah mendorong keterlibatan masyarakat dan media dalam menyediakan informasi yang benar dan disampaikan melalui jalur resmi guna meminimalkan kerentanan terhadap tindakan tersebut.

“Meskipun undang-undang dan kebijakan terkait telah cukup banyak, implementasi dalam penanganan korban masih perlu ditingkatkan,” ungkapnya, Senin, 10 Juli 2023

Jika seseorang menjadi korban perdagangan orang, Irene menekankan pentingnya mengakses bantuan kepada kepolisian, lembaga sosial masyarakat yang fokus pada isu perlindungan perempuan, dan instansi pemerintah, khususnya Dinas P3APPKB Kalteng.

“Mengingat mayoritas korban adalah perempuan dan anak-anak, hal ini dapat menyebabkan trauma yang berkepanjangan jika tidak ditangani dengan baik,” tuturnya.

Irene juga menegaskan, perlunya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan media dalam mengatasi masalah ini.

“Dengan meningkatkan kesadaran dan pendidikan masyarakat serta memberikan informasi yang akurat dan jelas, diharapkan upaya pencegahan dan penegakan hukum terhadap perdagangan orang dapat ditingkatkan,” pungkasnya. (APRIANDO/J)

Berita Terbaru