Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Seruyan Dorong Para Guru Ikuti Program Guru Penggerak dalam Meningkatkan Kompetensi

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 Juli 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang -  Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan terus mendorong para guru di wilayah tersebut untuk mengikuti program Guru Penggerak. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, Rusdi Hidayat, saat secara resmi membuka Festival Panen Hasil Belajar Calon Guru Penggerak angkatan 7, Senin, 10 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Rusdi Hidayat menegaskan bahwa program pendidikan Calon Guru Penggerak yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) merupakan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi yang mereka miliki.

 Dinas Pendidikan Seruyan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, dan program Guru Penggerak menjadi salah satu upaya penting dalam mencapai hal tersebut.

Rusdi Hidayat menjelaskan peran penting seorang Guru Penggerak sebagai pemimpin pembelajaran, penggerak komunitas praktisi, pengajar praktik bagi rekan sejawat, serta pendorong peningkatan kepemimpinan murid.

Selain itu, seorang Guru Penggerak juga harus memiliki kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah. Semua hal tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan yang diinginkan.

Dijelaskan, dengan mengikuti program Guru Penggerak, seorang guru akan menjadi bagian dari agen perubahan yang dapat mewujudkan murid yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan tuntutan zaman, serta berkarakter sesuai dengan visi pendidikan nasional dalam menciptakan murid berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

"Melalui program Guru Penggerak, seorang guru akan membantu percepatan perubahan yang baik bagi ekosistem sekolah dan warga sekolah lainnya," tegas Rusdi Hidayat.

Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para guru yang mengikuti program Guru Penggerak. Mereka akan diberikan akses kepada berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi yang relevan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan kepemimpinan mereka.

“Adanya dorongan ini, diharapkan para guru di Kabupaten Seruyan dapat terus mengembangkan diri, meningkatkan kompetensi, dan menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam menciptakan pendidikan yang lebih baik lagi, “ tukasnya. (FAHRUL/Y)

Berita Terbaru