Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebutuhan Dokter Spesialis di Kalteng Perlu Menjadi Perhatian

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Juli 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan kebutuhan akan dokter spesialis di wilayah Kalteng ini perlu menjadi perhatian pemda untuk memenuhinya.

Disebutkannya bahwa, keberadaan dokter spesialis sangat penting ada disetiap rumah sakit utamanya rumah sakit umum daerah (RSUD). Sebab, saat ini RSUD yang ada di wilayah Kalteng ini masih banyak kekurangan dokter spesialis khususnya spesialis penyakit dalam.

"Dokter spesialis di setiap rumah sakit itu utamanya RSUD keberadaannya harus memadai. Jangan hanya terdapat 1 atau 2 dokter saja karena keberadaan dokter spesialis ini sangat penting ada disetiap rumah sakit," ucapnya, Selasa, 11 Juli 2023.

Dia menjelaskan, pentingnya keberadaan dokter spesialis ini agar masyarakat yang memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan dokter spesialis bisa ditangani dengan baik. Tidak memadainya dokter spesialis membuat masyarakat banyak yang berobat keluar daerah.

"Banyak masyarakat yang memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan dokter spesialis utamanya penyakit dalam berobat keluar provinsi akibat di Kalteng kurang. Ini tentu sangat merugikan bagi daerah dan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Kerugian yang didapatkan daerah yakni berpengaruh terhadap pendapatan daerah dari bidang kesehatan, padahal pendapatan ini diperlukan untuk pembangunan pada bidang kesehatan itu sendiri. Sedangkan pada masyarakat yakni banyak biaya yang dikeluarkan.

"Misalnya saja berobat keluar provinsi atau luar negeri, itu biayanya sangat mahal baik dari segi biaya sehari-hari selama berobat maupun biaya berobatnya. Sehingga, pemenuhan dokter spesialis ini di Kalteng harus bisa menjadi perhatian serius pemda," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru