Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Minta Batamad Menjaga Marwah Adat Dayak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 Juli 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta agar Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) mampu menjadi benteng pertahanan adat Dayak serta menjadi garda terdepan untuk menjaga marwah adat Dayak, khususnya di daerah tersebut.

Bupati Hendra mengatakan, di Kabupaten Lamandau Batamad harus mampu menjalankan peran yang optimal dalam pembangunan sekaligus berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat, sebagai bagian dari Organisasi Kelembagaan Adat berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2008.

“Adanya Batamad, kami harapkan menjadi benteng pertahanan adat Dayak, di mana hak-hak dan kewajibannya untuk mengangkat warga Dayak mencapai kesejahteraan,” tegas Bupati saat melantik sembilan Komandan Batamad di Kecamatan Batang Kawa, baru-baru ini.

Dijelaskan Hendra, Batamad merupakan organisasi paramiliter resmi yang setia kepada Majelis Adat Dayak Nasional di Indonesia. Maka harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mendukung pembangunan di daerah.

Pria yang juga sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau itu mengingatkan agar Batamad bekerjasama dengan Kademangan, dan Mantir Adat dalam hal kaitan dengan penegakan keputusan adat, serta turut andil dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Keberadaan Batamad harus bisa menjadi garda terdepan untuk menjaga marwah adat dan jadikan Batamad sebagai perekat bukan penyekat, serta mampu menjadi pemersatu,” sebutnya.

Sementara, Komandan Batamad Kabupaten Lamandau, Dedy Linando Aman menjelaskan, Batamad memiliki beberapa tugas pokok dan fungsi, yakni mengawal kehidupan dan perjuangan masyarakat adat Dayak dalam mempertahankan harkat dan martabatnya.

“Termasuk, menjaga kearifan lokal dan keberadaannya hingga membantu tugas Damang dalam menegakkan hukum adat,” terangnya.

Selain itu, imbuh Dedy, Batamad di wilayah kerjanya masing-masing, ikut serta bersama pemerintah mengantisipasi dan mengatasi gangguan keamanan hingga menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru