Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Tamiang Layang Diminati Pembeli

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Juli 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Hasil kerajinan tangan warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur diminati banyak orang termasuk pegawai di lingkungan rutan sendiri.

"Beberapa produk warga binaan yang banyak diminati adalah gantungan kunci, dompet rajut, miniatur dan ikat rambut," ungkap Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Tamiang Layang, Junaidi, sambil memperlihatkan miniatur Tugu Gunung Perak warga binaan yang terbuat dari bahan kayu dan batok kelapa, Selasa, 11 Juli 2023.

Hasil kerajinan warga binaan Rutan Tamiang Layang tersebut dipajang di Galeri PAS untuk memudahkan pengunjung yang ingin melihat-lihat atau membeli.

"Selama ini akses pemasaran langsung produk warga binaan ke masyarakat belum cukup optimal karena hanya melalui media sosial dan mouth to mouth (mulut ke mulut), namun sekarang bisa dilihat pada etalase Galeri PAS di Rutan Tamiang Layang," tutur Junaidi.

Selaku pengawas pembinaan kemandirian di Rutan Tamiang Layang, dia berharap warga binaan dapat terus mengembangkan kreativitas serta didukung oleh pegawai rutan dengan turut mempromosikan maupun membeli hasil karya mereka.

"Harapan kami warga binaan dapat berkarya terus karena produk mereka sejauh ini tidak kalah dengan produk kerajinan lain di luar rutan," ucap Junaidi.

Sementara itu Kepala Rutan Tamiang Layang Surya Dharma menjelaskan, hasil kerajinan tangan yang dipajang di Galeri PAS merupakan wujud pengembangan potensi kemandirian warga binaan yang menitikberatkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku dari lingkungan sekitar menjadi karya bernilai estetik dan menguntungkan.

"Selain mendukung keterampilan warga binaan, kegiatan ini juga menjadi bukti dari pembinaan kemandirian di Rutan Tamiang Layang yang berjalan setiap harinya dan menjadi sumber pemasukan untuk melunasi kewajiban pembayaran Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP)," terangnya.

Rutan Tamiang Layang saat ini dihuni 161 warga binaan. Rinciannya, narapidana laki-laki 131 orang, narapidana perempuan 6 orang, narapidana anak 1 orang serta tahanan laki-laki 23 orang. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru