Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Nilai Peran BUMDes Sangat Strategis

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juli 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering menilai peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat strategis untuk memakmurkan daerah dan berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD), maka dari itu perlu sentuhan dari pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Dirinya mengatakan, pemda dapat bersinergi dengan berbagai lembaga non profit atau sektor swasta dalam pelaksanaan program pelatihan maupun pendampingan BUMDes. Sehingga, keberadaan BUMDes benar-benar mampu membawa dampak positif.

"BUMDes berperan penting dalam pengembangan ekonomi dan kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat desa. Maka dari itu dukungan dan sokongan perhatian dari pemerintah melalui program pelatihan dan pendampingan bisnis itu sangat diperlukan agar BUMDes kita bisa semakin berkembang," ujarnya, Rabu, 12 Juli 2023.

Disebutkannya, keberadaan BUMDes bisa dimaksimalkan dalam rangka pengembangan industri khususnya di wilayah hulu. Sementara pada pengembangan industri hilir, pemerintah bisa memaksimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada.

Dengan kolaboarasi hulu ke hilir tersebut, tentunya tidak hanya memberikan keuntungand alam hal pendingkatan PAD Kalimantan Tengah. Tetapi juga menjadi upaya strategis pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja lokal.

"Hal itu akan menjadi upaya yang sangat positif sekali, karena sektor hulu dan hilirnya saling bersinergi. Artinya penyediaan bahan bakunya jelas, dan bagian pengeolahan dan pengelolaannya juga ada. Saya harap hal ini bisa diperhatikan oleh pemerintah, karena pasti akan membuka banyak lapangan pekerjaan," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru