Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemuda di Lamandau Diajak Jaga Tradisi dan Melestarikan Budaya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Juli 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak pemuda di daerah setempat untuk terus menjaga tradisi leluhur dan melestarikan budaya serta adat istiadat lokal sebagai investasi untuk membangun masa depan sekaligus sebagai identitas daerah.

“Tradisi dan kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu daerah. Karena keberagaman kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa,” sebut Bupati Hendra di Nanga Bulik, Rabu, 12 Juli 2023.

Dikatakan Hendra, menjaga tradisi dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah dengan mempelajari budaya tersebut, selanjutnya mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain itu, ikut berpartisipasi mengajarkan pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan,” ujarnya.

Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, kata Hendra, misalnya budaya berbahasa, menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme.

“Kita wajib mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain,” tegas Bupati.

Upaya pelestarian budaya, lanjut Bupati, tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukkan secara regular, namun juga melalui pemberian apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan objek budaya, warisan dan tradisi yang tumbuh di masyarakat secara turun temurun.

“Disamping itu kebudayaan juga harus mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayan secara kreatif seperti seni pertunjukan, kulineri, fashion show dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya,” bebernya.

Ditambahkan Bupati, hal tersebut penting dilakukan, agar masyarakat, khususnya generasi muda termotivasi dan memiliki pemahaman yang baik dan terlibat aktif dalam melakukan proses internalisasi nilai-nilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru