Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Sosialisasi Peremajaan Sawit Tingkatkan Produktivitas Perkebunan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Juli 2023 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna meningkatkan produksi dan  produktivitas hasil perkebunan, maka Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) sosialisasikan peremajaan kelapa sawit.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Domingos Neves dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, M.Kalil dari Kepolisiam Resor Kobar, Mokhamad Dwi Kuwanto dari ATR/BPN Kobar dan Sigit Wibisono dari UPT KPHP Kobar Uni XXII dan XXVI.

Kepala Dinas Pertanian Kris Budi Hastuti, Rabu, 12 Juli 2023 menjelaskan sosialisasi  tersebut telah digelar 10 Juli 2023 di Brits Hotel yang diikuti oleh oleh Camat, Lurah, Kepala Desa, Balai Penyuluh Pertanian, Koperasi Unit Desa (KUD) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Sosialisasi yang digelar selama sehari ini sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Kobar.

"Ini merupakan  upaya inilah pemerintah melaksanakan kegiatan peremajaan kelapa sawit sebagai bentuk keberpihakan kepada pekebun rakyat untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kelapa sawit rakyat guna menjaga luasan lahan dan keberlanjutan usaha perkebunan kelapa sawit di Kobar," jelasnya.

Kris Budi Hastuti menjelaskan kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan dan mensinergikan pelaksanaan peremajaan sawit pekebun yang mengacu pada Permentan Nomor 03 Tahun 2022.

Mewakili Pj. Bupati Kobar Budi Santosa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar Akhmad Yadi mengatakan Pemkab Kobar dapat meremajakan kelapa sawit pekebun melalui sosialisasi.

"Terlebih untuk petani sawit dan pekebun yang ada di Kobar agar lebih bijak dalam pemilihan lahan yang strategis dan tidak menggangu permukiman warga," jelasnya.

Karena, menurut Akhmad Yadi aya yakin bahwa bagaimanapun sumber daya alam yang kita miliki dapat dinikmati bersama

"Tolong lahan-lahan pertanian itu tetap kita pertahankan jangan sampai beralih menjadi lahan sawit,” ujarnya. (WAHYU KRIDA/R)

Berita Terbaru