Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sarana Air Bersih Hingga BLTDD Jadi Tuntutan Warga Sabaung saat Aksi Damai di Kantor Kejari Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juli 2023 - 13:09 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Puluhan warga Desa Sabaung, Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan menggelar aksi demo damai di Kantor Kejaksaan Negeri Katingan.

Mereka menuntut kepala desa setempat untuk dipanggil dan diselidiki oleh pihak kejaksaan karena diduga melakukan tindak pidana korupsi, Kamis, 13 Juli 2023.

Adapun tuntutan warga yang dibacakan oleh koordinator demo, Murdianto setidaknya ada 11 item.

Diantaranya pekerjaan sumber air bersih milik desa (mata air/tandon) air hujan atau sumur bor dan pembangunan tower air tahun anggaran 2020 yang anggarannya berasal dari dana desa (DD) diduga fiktif.

Sela jutnya penanganan keadaan darurat, rehabilitasi peningkatan sarana dan prasarana kebudayaan rumah adat keagamaan milik desa dan honorarium keagamaan tahun 2020 diduga fiktif.

Pembangunan pos kamling, sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga milik desa diduga fiktif.

Kemidian dalam penyaluran bantuang langsung tunai (BLT) dari dana desa sejak tahun 2020 hingga 2023 diduga tidak transparan.

"Sebagai bahan pertimbangan pihak kejaksaan untuk melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada Jaruman yang menjabat Kepala Desa Sabaung, Kecamatan Marikit serta pihak terkait lainnya," ujar Murdianto.

Murdianto menambahkan jika warga Desa Sabaung berharap pihak Kejaksaan Negeri Katingan segera menindak lanjuti terkait tuntutan mereka. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru