Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Soal Seragam Sekolah, Jangan Bebani Orang Tua Murid

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juli 2023 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tak ingin pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB), mendapat keluhan dari orang tua murid soal pembiayaan seragam sekolah.

Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Juni Gultom menegaskan pihak sekolah jangan membebankan biaya kepada orangtua murid, termasuk biaya untuk menebus seragam sekolah, semuanya harus melalui proses rapat antara pihak sekolah dan orangtua murid peserta didik baru. 

"Sebelumnya di mulainya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Penjabat Bupati Kobar dengan tegas menyatakan jangan ada masalah atau jangan ada keluhan apapun dari orangtua murid, baik perihal pendaftaran sampai dengan pungutan, dimana statement dari bapak PJ Bupati disampaikan di depan kepala sekolah se Kobar saat apel hari pendidikan Nasional," Ujar Plh Sekda Kobar Juni Gultom, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini informasi yang di dapat dari masyarakat mengenai pengadaan seragam sekolah yang di kelola sekolah, hal itu perlu ada pembahasan antara pihak sekolah dan orangtua murid. Pembahasan tersebut mengenai harga dan cara pembayarannya. 

"Pemerintah daerah mempunyai kebijakan seperti yang di sampaikan bapak PJ Bupati Kobar, dimana pihak sekolah jangan memaksakan orang tua murid, mengenai seragam sekolah, diharapkan ada kesepakatan perihal pembayarannya, apakah di angsur /cicil, dan tidak harus bayar kontan, terkecuali mereka yang mampu perekonomiannya," ungkapnya.

Sebab menurutnya, berdasarkan informasi dari Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, bagi peserta didik baru yang tidak mampu maka untuk seragam sekolah di gratiskan, sebab ada dana Bos untuk bantuan murid yang tidak mampu. 

"Disetiap lini pemerintah daerah akan hadir untuk masyarakat, hal itu sebagai wujud tanggung jawab pemerintah daerah, jika saat ini orangtua murid baru mengeluhkan mengenai biaya seragam sekolah, maka tidak ada yang tidak bisa di selesaikan, kami hadir untuk solusi yang terbaik, Sama halnya mengenai proses PPDB dengan sistem zonasi, jika masih ada permasalahan ini menjadi bahan untuk eveluasi kami," Imbuh Juni Gultom. 

Maka, berbagai permasalahan dalam penerimaan murid baru ditahun ini akan dibahas dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar.

"Ini menjadi evaluasi kami untuk lebih baik kedepannya, sebab hal ini bagian dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya. (DANANG/H)

Berita Terbaru