Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Pemda Pacu Kinerja BUMD

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Juli 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi meminta pemda utamanya pemprov agar dapat lebih memacu kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga bisa bekerja secara profesional.

Juru bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng ini mengatakan, BUMD merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari setiap bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu BUMD harus bisa lebih profesional dalam mengelola usaha yang dijalankan.

"Pemda kita harap agar berupaya memacu kinerja BUMD yang ada. Upaya nyata perlu dilakukan supaya kinerja BUMD bisa lebih profesional, sebab BUMD ini merupakan salah satu sumber PAD bagi Kalteng," ucapnya, Sabtu, 15 Juli 2023.

Dirinya menyebut, pihaknya tentu pendukung upaya Pemprov Kalteng mengubah bentuk hukum sejumlah BUMD di Kalteng dari Perseron Terbatas (PT) menjadi Perseroan Daerah (Perseroda), dan diharapkan kinerja dari sejumlah BUMD itu kedepan dapat lebih profesional.

Di sisi lain, dari perubahan bentuk hukum tersebut pastinya dalam pengelolaan BUMD akan ada keuntungan maupun kerugian. Akan tetapi diharapkan keuntungan yang didapatkan nantinya dapat lebih memacu pelaksanaan pembangunan daerah.

"Begitu juga dengan kerugiannya yang akan ditimbulkan nantinya, karena perubahan bentuk hukum PT ke Perseroda ini BUMD rentan dijadikan sebagai alat politik. Jadi harapan kita pastinya jangan sampai itu terjadi, tentu kita juga sangat berharap perubahan bentuk hukum itu untuk lebih memacu kinerja BUMD," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru