Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Kalteng Harapkan Kasus Stunting di Barito Utara Dapat Ditekan

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juli 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menyebutkan Kabupaten Barito Utara termasuk paling tinggi kasus stunting di Kalimantan Tengah, yakni sekitar 28,3 persen pada 2021. Namun berdasarkan data yang dihimpun melalui survey 2022 kasus stunting mengalami penurunan menjadi 19,6 persen.

“Saya berharap di tahun 2023 ini kasus stunting di Kabupaten Barito Utara dapat ditekan lagi penurunannya,” kata Edy.

Disampaikan Edy, stunting merupakan ancaman terhadap generasi masa depan, juga berdampak terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia ke depan, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan delapan aksi konvergensi penurunan stunting.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Barito Utara beserta seluruh jajaran, atas semua prestasi dan capaian pembangunan yang telah diraih Kabupaten Barito Utara,” terangnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa isu prioritas nasional adalah strategi nasional percepatan penurunan stunting yang saat ini masih tinggi di Indonesia.

Karena stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak.

Sementara, sebagai bagian dari akuntabilitas pemerintahan yang baik, bahwa Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Barito Utara mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Opini WTP yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara adalah yang ke-9 (sembilan) kalinya. Suatu kebanggaan atas kerja keras semua pihak, pemangku kepentingan di Pemerintahan Kabupaten Barito Utara,” ucapnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru