Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Komitmen Tingkatkan Seluruh Sektor Pariwisata

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 17 Juli 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata di daerah tersebut. 

"Sektor pariwisata menjadi perhatian khusus kami, sehingga upata untuk meningkatkan sektor tersebut terus kami upayakan," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar Wahyudi, saat membuka pelatihan pengelolaan desa wisata Kobar 2023, Senin, 17 Juli 2023. 

Dalam kegiatan pelatihan ini, Dispar Kobar mengucapkan selamat datang dan menyambut baik para peserta baik dari Pokdarwis, pemerintah desa, dan lainnya yang ikut pelatihan. 

Lanjut, dia menyampaikan bahwa kegaiatan pelatihan tersebut ke depannya akan ditindaklanjuti guna meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kobar. 

"Saya berharap semoga hasil Kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata 2023 ini dapat kita tindak lanjuti dalam rangka meningkatkan kinerja dan komitmen kita bersama dalam meningkatkan dan memajukan sektor kepariwisataan di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Pj. Bupati Kobar Budi Santosa melalui Kadispar Kobar Wahyudi. 

Diketahui, Kabupaten Kobar memiliki 17 desa yang ditetapkan sebagai desa wisata. Tak hanya itu, Kabupaten Kobar adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki destinasi wisata yaitu Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang berskala Internasional.

Adapula destinasi wisata yang saat ini sudah dikembangkan seperti Wisata Sejarah-Budaya, Wisata Alam, Agro Wisata, dan wisata lainnya. Dengan adanya wisata tersebut, pergerakan ekonomi masyarakat dapat meningkat.

"Dari berbagai potensi itulah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata. Banyak potensi yang dapat di dorong penyelenggaraannya dalam rangka meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat di desa dan menambah pendapatan daerah," ujar Budi Santosa melalui Kadispar Kobar Wahyudi. 

Pelatihan pengelolaan desa wisata tahun 2023 dilaksanakan selama 3 hari mulai 17 - 19 Juli 2023 dengan diikuti peserta sebanyak 49 orang. (NURITA/H)

Berita Terbaru