Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pernyataan ARF Ungkap Keprihatinan Indo-Pasifik terhadap Korea Utara

  • Oleh ANTARA
  • 19 Juli 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Seoul - Pernyataan terbaru Forum Kawasan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ARF) yang mengungkapkan kekhawatiran aliansi kawasan itu terhadap ancaman Korea Utara mencerminkan keprihatinan kawasan Indo-Pasifik yang terus meningkat terhadap program pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara, kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Selasa.

Dalam pernyataan ketua ARF yang disiarkan Senin, para menteri luar negeri Indo-Pasifik mengungkapkan keprihatinan atas ketegangan kawasan akibat ulah Korea Utara.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Lim Soo-suk menegaskan  bahwa pernyataan ARF itu muncul setelah para menteri luar negeri ASEAN mengecam  peluncuran rudal antarbenua yang dilakukan Korut pekan lalu.

"Para menteri ASEAN menyampaikan keprihatinan dan kekecewaan mendalam atas peluncuran rudal Korea Utara,  mendesak Korea Utara mengambil langkah serius dalam mengurangi ketegangan," kata Lim.

Lim juga menyebut tiga pernyataan ASEAN yang melibatkan Korea Selatan dalam pertemuan para menteri luar negeri ASEAN-Korsel, pertemuan para menlu ASEAN Plus Tiga dan Pertemuan Menlu ASEAN dengan Asia Timur,  mengungkapkan kekhawatiran terhadap Korea Utara.

Lim juga menegaskan bahwa ASEAN tahun ini menyatakan dukungan kepada "prakarsa berani" pemerintahan Yoon Suk Yeol yang diusulkan kepada Korea Utara di mana tahun lalu ASEAN mengatakan menyambut baik langkah tersebut.

Lim mengatakan pemerintahan Yoon Suk Yeol menegaskan bahwa keempat pernyataan gabungan ASEAN dan para mitranya itu  untuk pertama kalinya mencerminkan keprihatinan masyarakat internasional  terhadap situasi di Korea Utara, termasuk isu tahanan dan korban penculikan yang ditahan di Korea Utara.

Sumber: Yonhap-OANA/ANTARA

Berita Terbaru