Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dukung Upaya Pemda Kembangkan Destinasi Wisata di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Juli 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Henry mengaku mendukung upaya pemda baik provinsi, kabupaten dan kota mengembangkan destinasi wisata yang ada di wilayah Kalteng ini. Seperti halnya rencana pengembangan wisata air Sebangau di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya.

Menurutnya, pengembangan destinasi wisata memang sudah seharusnnya dilakukan oleh pemerintah, sebab akan banyak dampak positif yang didapatkan baik itu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PDA) maupun perekonomian masyarakat sekitar destinasi wisata itu khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita melihat wisata air Sebangau ini cukup diminati oleh wisatawan dan potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para pelaku UMKM. Nah, apabila destinasi wisata itu dikembangkan lagi maka akan lebih bagus dan kita tentu mendukung itu," ucapnya, Rabu, 19 Juli 2023.

Wisata air Sebangau merupakan salah satu yang akan menjadi lokasi pengembangan wisata di Kalteng. Dalam pengembangannya nanti diwacanakan akan menyuguhkan nilai-nilai kearifan lokal maupun budaya provinsi ini. Saat ini wacana pengembangan itu baru memasuki tahap perencanaan dan lelang fisik.

"Informasi yang kita dapatkan rencana pengembangan destinasi wisata air sebangau ini akan dibangun dengan luas 20 hektare dan dilengkapi berbagai fasilitas yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, saya rasa itu bagus dan memang patut untuk didukung," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan dalam hal pengembangan pariwisata ini tidak hanya berfokus pada satu wilayah saja misalnya Kota Palangka Raya akan tetapi potensi lain yang terdapat disetiap wilayah di kabupaten se-Kalteng juga perlu diperhatikan agar banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di provinsi ini.

"Dalam mengembangkan wisata disetiap daerah juga tetap harus memperhatikan nilai-nilai agama, budaya maupun kearifan lokal setempat, dan yang paling penting ketika itu jadi harus bisa dikelola dengan baik, perhatikan sarana penunjangnya baik fasilitas hingga infrastruktur jalan maupun jembatan menuju objek wisata itu," tandasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru