Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Sejumlah Fasilitas Pendidikan di Wilayah Pulpis Banyak yang Kurang Memadai

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Juli 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Niksen S Bahat mengungkapkan sejumlah fasilitas pendidikan khususnya di wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) ada begitu banyak yang kondisinya kurang memadai.

Hal itu diketahui, ketika dirinya melaksanakan reses di wilayah setempat terutama di Desa Jabiren, Kecamatan Kahayan Hilir, terdapat fasilitas pendidikan yang memerlukan perhatian baik ruang guru, kelas, UKS, toilet sarana olah raga, kesenian dan lain-lain.

"Di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir terutama Desa Jabiren sejumlah sarana pendidikan rata-rata sudah berusia tua, sehingga kondisinya kurang memadai. Sarana hingga fasilitas pendidikan ini sangat penting untuk diperhatikan," ucapnya, Rabu, 19 Juli 2023.

Ia mengatakan, pendidikan merupakan sektor utama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga, keberadaan fasilitas memadai sangat diharapkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.

"Karena apabila fasilitas pendidikan dalam kondisi tidak memadai maka proses belajar mengajarpun akan terganggu dan tidak maksimal. Jadi kita mendorong pemda melalui disdik agar dapat memperhatikan hal itu dan merealisasi aspirasi masyarakat," ujarnya.

Tidak hanya terkait fasilitas pendidikan, keberadaan tenaga guru juga harus bisa menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, di wilayah Kalteng ini masih banyak sekolah yang kekurangan guru terutama yang berada di wilayah pelosok.

"Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat dan sangat penting. Sehingga kita harapkan sektor ini agar bisa dijadikan sebagai salah satu fokus utama perhatian pemda baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Kalteng," tandasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru