Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Otorita IKN : Pembangunan IKN Perlu Libatkan Masyarakat Lokal

  • Oleh ANTARA
  • 19 Juli 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Staf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Diany Sadiawati menekankan pentingnya melibatkan masyarakat lokal untuk menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.

"Keterlibatan masyarakat lokal sangat penting untuk kesuksesan Nusantara," kata Diany Sadiawati dalam keterangan, di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan pelibatan masyarakat dilakukan melalui pendidikan dan inisiatif yang mempromosikan praktik berkelanjutan, upaya konservasi, dan pengelolaan lingkungan, serta ekowisata yang akan menciptakan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat lokal.

Selain itu, IKN Nusantara mengadopsi kemitraan multi-stakeholder, yang terdiri dari lembaga pemerintah, komunitas lokal, bisnis, organisasi masyarakat sipil, dan akademisi.

Hal ini menurutnya adalah untuk memastikan kelancaran implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

"Kolaborasi dan kemitraan adalah modalitas penting untuk memastikan pendekatan implementasi yang komprehensif dan menyeluruh," katanya.

Ia mengatakan lembaganya juga melakukan kerja sama dengan organisasi internasional untuk mengembangkan dasar keanekaragaman hayati dan strategi konservasi sebagai panduan dalam proses pembangunan IKN Nusantara.

Ia mengatakan kehadiran Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam forum ECOSOC High Level Political Forum on Sustainable Development (HPLF) 2023 yang berlangsung pada 10 – 20 Juli 2023 di salah satu ruang konferensi di Markas Besar PBB (UNHQ) New York merupakan upaya untuk turut terkoneksi dengan gerakan global dalam menyelaraskan pembangunan kota dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

Pertemuan tingkat dunia HLPF 2023 ini dihadiri oleh delegasi dari 196 negara.

Dalam kesempatan ini juga diadakan seminar bertajuk "Driving Changes at the Local level: Innovative Approaches to Localize the SDGs".

Berita Terbaru