Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pihak Perhotelan Diharapkan Tingkatkan Keamanan

  • Oleh Apriando
  • 20 Juli 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerhati Perhotelan, Muhammad Yusuf Kawaru mengungkapkan keprihatinannya mengenai dugaan tindak pidana perdagangan orang yang terjadi di beberapa hotel. 

Ia menjelaskan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sebenarnya telah memberikan imbauan larangan tindakan kriminal dalam bentuk apapun kepada pihak perhotelan. Untuk itu, ia kembali menyampakan bahwa pihak perhotelan perlu meningkatkan keamanan, kewaspadaan dalam penerimaan tamu hotel.

“Hal ini dimulai dari pengamatan terhadap identitas calon tamu dan langkah-langkah lainnya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu, pihak perhotelan juga diharapkan untuk menyediakan keamanan yang memadai dan siap menghadapi dugaan tindak pidana jika terjadi,”ungkapnya, Kamis, 20 Juli 2023

Pengusaha perhotelan harus menyadari bahwa gangguan seperti dugaan kasus tindak pidana perdagangan orang ini dapat menghancurkan bisnis. “Kasus serupa tidak hanya terjadi di perhotelan, tetapi juga dapat terjadi di tempat lain,” tambahnya.

Ia menyadari, pihak perhotelan sulit mengetahui dengan pasti niat tamu yang datang, apakah ‘mereka’ memiliki niat baik atau tidak. Namun, ia berpendapat pihak perhotelan dapat memberikan imbauan larangan tindakan kriminal kepada para tamu. “Jika ada tindakan kriminal, maka pihak perhotelan bisa melaporkannya kepihak berwajib. Supaya tamu yang diduga melakukan tindak kriminal bisa mendapatkan sanksi,” tegasnya.

Muhammad Yusuf Kawaru menuturkan, selama menjabat sebagai Sekretaris Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Provinsi Kalteng, pihaknya telah bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan pengawasan di perhotelan. “Contohnya, petugas keamanan hotel dilatih oleh pihak kepolisian untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengamankan hotel dan tamu-tamu yang menginap,” timpalnya.

Dengan adanya peringatan dan langkah-langkah pengamanan yang lebih baik, diharapkan kejadian tindak pidana perdagangan orang di hotel dapat diminimalisir. “Saya berharap agar pihak perhotelan dapat terus meningkatkan keamanan dan memberikan kontribusi positif terhadap industri perhotelan,” pungkasnya. (APRIANDO/Y)

Berita Terbaru