Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kapuas Harapkan Karang Taruna Dapat Membentuk Program Kegiatan Strategis

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Juli 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy mengharapkan Karang Taruna Kabupaten Kapuas dapat membentuk program-program atau kegiatan yang strategis.

Sekda berharap melalui Rapat koordinasi dan sosialisasi pemberdayaan Karang Taruna Kabupaten Kapuas yang telah dilaksanakan dapat menjadi wadah dalam membentuk program tersebut.

"Kita berharap nanti, mereka akan membentuk program-program atau kegiatan dari Karang Taruna yang strategis dan dapat mendukung kegiatan pembangunan, sosial, ekonomi, teknologi yang dilakukan pemerintah secara nasional maupun kabupaten," katanya, Kamis, 20 Juli 2023.

Lebih lanjut, dari kegiatan tersebut nantinya juga akan menjadi materi untuk dibuatkan Peraturan bupati (Perbup) Kapuas, sehingga pemberdayaan Karang Taruna ini bisa lebih fokus, terprogram, lebih sinergis dan lebih kolaboratif.

"Itu harapan kami nanti akan dirumuskan melalui rapat koordinasi, sehingga peran Karang Taruna ke depan baik tingkat desa kecamatan sampai kabupaten betul betul menjadi organisasi yang bisa menjadi penopang Pemda dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang," tuturnya.


Menurut dia fungsi Karang Taruna ini sangat strategis, karena hampir semua lini itu fungsinya ada di Karang Taruna, misalnya fungsi administrasi, fasilitasi mediasi, komunikasi, informasi, edukasi pemanfaatan dan pengembangan teknologi, motivasi, sosialisasi dan pendampingan.

"Kalau fungsi betul-betul dilakukan, maka kemudian, Karang Taruna itu adalah orang orang yang memiliki peran strategis, artinya cukup dengan Karang Taruna saja mulai dari persoalan sosial sampai teknologi bisa diselesaikan untuk itu kami harapkan kepengurusan bisa terbentuk sampai ke tingkat desa," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru