Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Laksanakan Kick Off dan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen KLHS RPJMD 2025-2045

  • Oleh Norhasanah
  • 21 Juli 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara melaksanakan Kick Off dan bimbingan teknis penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Sukamara 2025-2045.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring dan menghimpun masukan serta harapan pada masyarakat dan pemangku kepentingan dengan mengidentifikasi serta rumusan isu pembangunan berkelanjutan terkait dengan kebijakan rencana program dalam rancangan RPJMD Kabupaten Sukamara 2025-2045.

"Tahun ini Pemerintah Kabupaten Sukamara melakukan penyusunan RPJMD 2025-2045, ini sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," kata Bupati Sukamara Windu Subagio, Jumat, 21 Juli 2023.

Menurut dia, Kabupaten Sukamara memiliki kewajiban menyusun KLHS untuk mendukung penyusunan RPJMD. Dimana dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah memuat perencanaan makro berwawasan 20 tahun serta memuat visi, misi dan arahan pembangunan jangka panjang daerah.

"Yang selanjutnya dokumen ini digunakan sebagai pedoman penyusunan RPJMD," ujarnya.

Penyusunan dokumen rpjmd wajib diikuti dengan menyusun kajian lingkungan hidup strategis yang menjadi salah satu instrumen untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

"Yang mampu memberikan rekomendasi pertimbangan lingkungan pada tingkat pengambilan keputusan yang bersifat strategis yakni pada arahan kebijakan rencana dan program pembangunan," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru