Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dekranasda Dorong Pengembangan UMKM Berbasis Budaya Lokal

  • Oleh Apriando
  • 22 Juli 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Azhari menjelaskan, salah satu keunggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kalteng dipresentasikan dalam bentuk karya wastra dan kriya yang memunculkan keindahan dan keunikan budaya.

Ivo mengungkapkan, Dekranasda sebagai mitra pemerintah selalu berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai budaya khas Kalteng yang tercermin dalam produk kerajinan.

“Dekranasda juga menyiapkan regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) pengrajin unggul dan mendorong perluasan aksen pasar bagi produk kerajinan,”ungkapnya, Sabtu, 22 Juli 2023

Dengan adanya pagelaran busana pesona wastra borneo beberapa waktu lalu, UMKM unggulan Kalteng dapat dipromosikan kepada masyarakat Indonesia secara luas dan masif. \

“Melalui pesona wastra borneo menunjukkan bahwa produk lokal dapat dikreasikan dan dikembangkan menjadi trend fashion yang modern tanpa menghilangkan unsur kebudayaan lokal,”tegasnya

Ivo berharap, ke depannya UMKM lokal dapat tumbuh dan berkembang, bahkan dapat menembus pasar ekspor. “Untuk itu tentunya perlu dukungan dari masyarakat agar selalu membeli, menggunakan, serta bangga dengan produk lokal,” bebernya.

Ivo juga menuturkan, digital marketing diharapkan dapat dimanfaatkan oleh UMKM. Penggunaan internet harus mampu meningkatkan produktifitas dan membuat UMKM naik kelas dan diharapkan internet bisa memberi nilai tambah bagi seluruh lapisan masyarakat.

Percepatan transformasi digital nasional, bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pemanfaatan teknologi baru, serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat dalam berinteraksi di ruang digital.

“Transformasi digital harus disikapi dengan serius, sehingga dapat membawa manfaat positif bagi kehidupan. Salah satu upaya dalam mendukung percepatan transformasi digital adalah penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang digital,”tambahnya

SDM yang siap dengan memahami, menguasai dan memperlakukan peran teknologi dengan baik, sehingga membawa manfaat yang baik pula. Sebaliknya, SDM yang tidak siap dengan transformasi digital akan tertinggal dengan perkembangan teknologi.

Berita Terbaru