Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Kerahkan 101 Nakes untuk Porprov Kalteng

  • Oleh ANTARA
  • 23 Juli 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur mengerahkan sedikitnya 101 tenaga kesehatan (naker) yang khusus melayani kontingen selama Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) di Sampit pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023.

"Kami menyiapkan 101 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, tenaga gizi, kesehatan lingkungan, fisioterapi, dan lainnya, yang siap dalam tim kesehatan," kata Kepala Dinkes Kotawaringin Timur Umar Kaderi di Sampit, Minggu.

Panitia Porprov XII Kalteng memperkirakan lebih dari 10.000 orang yang datang ke Sampit selama Porprov, terdiri dari sekitar 6.000 atlet ditambah pendamping dan keluarga atlet.

Pihaknya menyikapi hal itu dengan menyiagakan layanan kesehatan di pusat pelayanan kesehatan, posko, dan pelayanan kesehatan bergerak. Para nakes, kata dia, dibagi menjadi beberapa kelompok dan cabang olahraga.

Untuk cabang olahraga yang mempunyai risiko tinggi terjadi insiden di lapangan, lanjutnya, akan ada satu orang bersiaga penuh dengan sistem shift sesuai dengan jadwal pertandingan.

Pihaknya juga menyiapkan tim mobile menggunakan ambulans sehingga ketika diperlukan bisa langsung bergerak ke lokasi. Untuk tim ini ada sekitar delapan ambulans yang disiapkan di lapangan.

"Kalau itu kurang, maka segera kami tambah sesuai kebutuhan karena masih banyak cadangan," ujar Umar.

Dinkes juga menyiapkan posko di Sekretariat Panitia yaitu di Mall Pelayanan Publik Habaring Burung dan saat acara pembukaan dan penutupan Porprov dibuka posko kesehatan di kawasan Stadion 29 November Sampit.

Semua puskesmas di dalam kota Sampit, lanjutnya, juga dibuka 24 jam penuh setiap harinya sebagai antisipasi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi tamu-tamu atau kontingen yang datang dari luar daerah, baik atlet, pendamping, maupun keluarga atlet.

"Sesuai instruksi Pak Bupati, pelayanan yang diberikan tersebut gratis atau tidak dipungut biaya," tegasnya.

Berita Terbaru