Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengurus Koperasi Dilatih Aplikasi Simpan Pinjam

  • 04 April 2016 - 20:21 WIB

BELUM lama ini Dis'pe'rindagkop dan UMKM Kapuas meng'a'dakan pelatihan' penilaian kesehatan kopera'si simpan pinjam (KSP) dan usaha simpan pinjam (USP).

Pelatihan ini guna mening'katkan kemampuan dan ke'sehatan koperasi.

Ada 40 peserta yang meru'pa'kan pengurus koperasi ikut pelatihan, sedangkan na'ra sumbernya dari Dinas Ko'perasi Kalteng dan PT Jaminan Kredit Rakyat (Jam'kri'da).

Kabid Fasilitasi dan Pembia'ya'an Disperigakop Kapuas, Suryadi mengatakan materi pelatihan seperti aplikasi penilaian kesehatan simpan pinjam dan kelembagaan koperasi.

'Secara umum koperasi itu me'liputi untuk koperasinya sendiri dan kelembagaan sim'pan pinjamnya. Karena peng'e'lolaan unit simpan dikelola sendiri dan modalnya juga sendiri berdasarkan PP No 9 Tahun 1992,' ungkapnya, Senin(4/4/2016).

Adapun materi lainnya ten'ta'ng penjaminan kredit yang bisa diakses koperasi. Menu'rut' Suryadi masalah utama koperasi adalah modal.

Minimnya modal yang dimiliki menyebabkan pertumbuhan koperasi terhambat.

Untuk itu pemerintah be'ker''jasama dengan lembaga' keuangan memberikan jami'n'an' pinjaman kepada kope'ra'si dengan tujuan agar kope'rasi mudah dapat pinjaman bank.

'Bank Kalteng Cabang Ka'pu'as mengeluarkan program jaminan kredit rakyat deng'an memberikan kemudahan kridit kepada masyarakat, khususnya koperasi. Adanya pro'gram ini tentu akan mem'per'mudah koperasi dalam hal modal,' jelasnya.

Dia menambahkan pengelo'la'an keuangan koperasi perlu' ada pengawasan internal maupun eksternal.

Pengawasan internal dila'ku'kan oleh badan pengawas koperasi, sedangkan penga'was eksternal dilakukan oleh pembina atau pengawasan keuangan daerah atau nega'ra. (B-6)

Berita Terbaru